Robert’s-Idea

Expression and Inspiration

KARAKTERMU ADALAH DIRIMU

leave a comment »

Siapa kita sebenarnya ditentukan oleh karakter kita. Karakter seseorang menjelaskan dengan lebih tepat siapa sesungguhnya orang tersebut, daripada pengakuannya tentang dirinya sendiri. Karaktermu adalah dirimu. Siapa yang tidak ingin memiliki karakter yang baik?. Semuanya pasti ingin, sebab tidak ada yang mau dikucilkan dalam lingkungannya karena masalah karakter yang buruk. Bagaimana caranya memiliki karakter yang baik?. Sebelum melangkah lebih jauh, kita harus mengerti dulu apa itu karakter.

Dalam kamus bahasa Indonesia, karakter ialah tabiat, watak, sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain. Leonardo A. Sjiamsuri dalam bukunya “Karisma Versus Karakter” mengatakan bahwa karakter adalah merupakan siapa anda sesungguhnya.

Jadi karakter adalah suatu ciri khas, yang terbentuk dalam jiwa dan terwujud dalam tindakan nyata, yang membedakan satu orang dengan orang lainnya. Agar lebih mudah dicerna, karakter ialah tindakan / keputusan / kebiasaan, yang cenderung dilakukan berulang-ulang oleh seseorang. Misalnya, seseorang dikatakan pencuri, karena dia berkali-kali melakukan kegiatan mencuri. Seseorang dikatakan kasar, karena dia punya kecenderungan memukul dan membentak orang lain apabila sedang stres. Seseorang dianggap patut diteladani, karena dalam banyak hal dia telah menunjukkan sifat-sifat dan tindakan yang menjunjung tinggi kejujuran.

Maka dari itu, sesungguhnya tidaklah tepat apabila kita langsung menilai seseorang adalah pencuri apabila dia baru pertama kali mencuri. Mungkin saja dia tidak ingin mencuri, karakter pribadinya menolak dengan tegas sifat-sifat mencuri. Namun karena himpitan ekonomi, dia nekad melanggar nuraninya.

Demikian juga tidak tepat apabila kita buru-buru menilai seseorang patut diteladani. Sifat-sifat orang itu perlu diuji oleh waktu terlebih dahulu. Jika dia memang konsisten menunjukkan sifat-sifat yang menjunjung tinggi kejujuran dan integritas, maka barulah boleh mengatakan bahwa dia patut diteladani.

Disinilah saya ingin menguraikan benang merahnya…

Ada sebuah siklus dalam kehidupan yang membentuk karakter manusia:

Pikiran – Tindakan – Kebiasaan – Karakter

Sadarkah kita bahwa tindakan yang kita lakukan selalu berawal dari apa yang kita pikirkan?. Kita membentak, kita marah, kita menangis, kita berbuat curang, kita menolong orang lain, semuanya berawal dari apa yang ada dalam pikiran kita. Karena itu, kecenderungan seseorang berpikir negatif akan berubah wujud menjadi tindakan yang negatif pula. Apabila seseorang cenderung berpikiran egois, merasa paling benar, maka apabila ditimpa sebuah masalah, orang ini akan cenderung mencari kambing hitam (mencari orang lain untuk disalahkan), sebab dalam pikirannya telah terbentuk bahwa dia selalu benar. Maka, JIKA INGIN MEMPERBAIKI TINDAKAN, PERBAIKI DULU PIKIRAN KITA.

Nah, sebuah tindakan jika dilakukan berulang-ulang, akan menguat menjadi sebuah kebiasaan. Karena itu, penting sekali untuk segera mengubah tindakan negatif yang beberapa kali pernah kita lakukan, sebelum tindakan-tindakan tersebut menguat menjadi kebiasaan. Jika sudah menjadi kebiasaan, akan lebih susah mengubahnya!. Karena itu, jika kita ingin mengembangkan sebuah kebiasaan yang baik, caranya sebenarnya tidak terlalu sulit, SETIA SAJA MELAKUKANNYA HARI DEMI HARI. Misalnya, anda ingin mengembangkan kebiasaan berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh, ya buatlah komitmen untuk berolahraga setiap hari, jangan pernah absen!. Sekali absen, biasanya ada keinginan absen lagi, dan makin malas berolahraga. Jika anda ingin lebih ramah, buatlah komitmen untuk berbuat kebaikan setiap hari untuk minimal satu orang. Setialah melakukan itu!. Lama kelamaan akan mudah melakukannya. Menurut Survey, dibutuhkan waktu 3 bulan untuk membentuk sebuah tindakan menjadi kebiasaan.

Finalnya, berbagai macam kebiasaan tersebut akan berkumpul membentuk sebuah ciri khas, yaitu karakter!. Dan itulah diri anda sesungguhnya.

Maka dari itu sahabat-sahabatku, jika ingin memiliki karakter yang baik, mari mulai memperbaiki pikiran kita. Ganti pikiran-pikiran negatif menjadi pikiran yang lebih positif. Berhenti sering berprasangka buruk tentang seseorang, berhenti berpikir diri sendiri yang paling benar, berhenti berpikir tentang mencari sesuatu untuk keuntungan diri sendiri. Gantilah dengan pikiran-pikiran yang menghargai orang lain. Bukankah ini akan membuat pikiran terasa lebih ringan?. Jangan berhenti sampai disini, tunjukkan melalui perbuatan. Lebih ramah, lebih murah senyum, lebih suka menolong, lebih sabar, lebih pintar, dan lebih bijak. Kemudian buatlah komitmen untuk setia melakukan itu!. Maka anda akan memiliki karakter yang baik dan patut diteladani.

Mari bersama-sama menjadi pribadi yang excellent!

Iklan

Written by robert

Juli 13, 2008 pada 2:38 am

Ditulis dalam Character and Motivation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: