Robert’s-Idea

Expression and Inspiration

JUST DO IT

leave a comment »

Maya sudah lama merencanakan untuk mulai berolahraga. Saat itu tepatnya dimulai sebulan yang lalu, ketika dia memandangi dirinya sendiri di depan cermin. Dia melihat lingkar pinggang yang makin membesar akibat genangan lemak di tubuhnya. Pikiran Maya kembali menerawang ke belakang, mengingat saat-saat dimana dia begitu bernafsu menyikat habis semua makanan dihadapannya. Sejenak dia termenung.

Kemudian terbersit dalam benaknya sebuah tekad untuk mulai menjalani pola hidup sehat. Maya mulai mengatur jadwal olahraga pribadinya. Tak cukup sampai di situ, Maya juga mengatur pola makan, mulai dari membatasi konsumsi makanan manis dan berlemak, serta meningkatkan konsumsi buah dan sayuran segar. Yap!!!. Tak butuh waktu lama, semua rancangan pola hidup sehat tersebut telah tersusun rapi di atas kertas. Bak sebuah strategi perang, Maya bertekad kuat untuk menjalani hari-harinya berdasarkan strategi pola hidup sehat yang telah disusunnya tersebut. Namun…………………………………..

Disinilah Maya berada sekarang. Dimana lingkar pinggangnya kian membesar saja. Lho??. Yah, ternyata Maya gagal merealisasikan komitmennya. Tiap hari dia menunda dan terus menunda dengan alasan-alasan yang cukup masuk akal sih sebenarnya. Misalnya: “saya sedang capek sekali, tidak mungkin berolahraga sekarang”, “Pekerjaan cukup banyak, saya tidak bisa berolah raga sekarang, besok saja”, “Wah saya sedang stress, saya butuh makan yang banyak dan makan yang enak-enak, jadi sekarang bukan saat yang tepat untuk berdiet”. Akhirnya, Maya kini telah lupa dengan semua rencana pola hidup sehat yang telah disusunnya karena terlalu sering menundanya.

Tak jauh dari tempat tinggal Maya, tinggallah seorang pria bernama Sonny. Pria yang bekerja di sebuah perusahaan swasta di Ibukota ini berkali-kali mendapat teguran dari sang bos terkait dengan tugas-tugasnya yang selalu “molor” dari deadline. Bosnya bahkan sudah mendamprat dan memberikan peringatan bahwa jika Sonny tidak berbenah diri maka dia akan dipecat.

Alhasil, seperti terbangun dari mimpi buruk, Sonny bertekad kuat untuk memperbaiki dirinya. Dia mulai merancang perubahan hidupnya di atas kertas. Kebiasaan terburuk yang ingin dia hilangkan adalah menunda-nunda pekerjaan. Menurut Sonny, poin tersebutlah yang membuat tugas-tugasnya selalu molor. Yap!!!. Semua rancangan perubahan hidup telah disusunnya, kini tinggal merealisasikan.

Kini bagaimana keadaan Sonny?. Dia dipecat dari perusahaan karena tidak ada perbaikan dalam 3 bulan terakhir. Mengapa bisa demikian?. Rupanya Sonny gagal dalam merealisasikan komitmen untuk tidak menunda pekerjaan. Sebenarnya pada 2 Minggu pertama Sonny memang giat bekerja, sayangnya kebiasaan lamanya yang suka menunda pekerjaan muncul kembali. Ketika suatu pekerjaan menuntut diselesaikan saat itu juga, Sonny berdalih “Saya rasa pekerjaan ini masih sempat dikerjakan besok”. Begitu seterusnya hingga dia tidak sadar bahwa dirinya kini telah sangat tidak produktif.

Pesan dari cerita di atas adalah BANYAK TEKAD DAN KOMITMEN YANG HANYA BERHENTI DI ATAS KERTAS DAN TIDAK TEREALISASI!. Begitu banyak orang yang termotivasi ketika mendengar kisah-kisah sukses dari para pembicara di sebuah seminar, atau ketika membaca buku-buku motivasi. Tetapi tetap saja tidak ada perubahan dalam hidup orang tersebut, sebab dia tidak melakukan TINDAKAN-TINDAKAN yang diperlukan untuk mengubah keadaannya saat ini.

Pada umumnya, banyak orang yang hanya bertekad untuk berubah, bahkan menyusun langkah-langkah perubahan, tetapi gagal merealisasikannya. Mengapa? karena terus menundanya dengan bermacam-macam alasan!.

Sobat, jika saat ini kita punya sebuah komitmen yang harus dilaksanakan, apapun itu, jangan menundanya. LAKUKAN SAJA. Dan jangan lupa, LAKUKAN DENGAN KONSISTEN.

Iklan

Written by robert

Juni 8, 2008 pada 11:03 am

Ditulis dalam Character and Motivation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: