Robert’s-Idea

Expression and Inspiration

EKSISTENSI MEMBACA

with 2 comments

Jangan terlalu banyak membaca, nanti jadi kutu buku. Ungkapan tersebut sudah akrab di telinga kita, bukan?. Rata-rata kalimat tersebut terlontar dari mulut anak-anak muda. Tak heran, banyak anak muda yang “sungkan” kelihatan rajin membaca. Sebab takut mendapat cap sebagai anak yang sok serius dan gak fun. Tampaknya, membaca bukan hanya menjadi momok, tetapi juga sangat melekat dengan image manusia kuper (kurang pergaulan). Inilah pengertian yang salah tentang membaca.

Justru dengan membaca, seseorang jadi banyak tahu. Orang yang tidak suka membaca, justru tidak banyak tahu. Orang yang tidak banyak tahu, mana enak diajak bicara? Banyak gak nyambungnya.

Saya berbicara dengan banyak orang, dari berbagai tipe, dan dari berbagai jenis muatan otak. Saya amati, tiap kali berbicara dengan orang-orang yang (maaf) jarang membaca, tidak banyak sesuatu yang saya dapatkan. Setelah berpisah dengan orang-orang tersebut, saya merasa nothing. Benar-benar tidak ada kepuasan. Tetapi ketika berbicara dengan orang-orang yang banyak membaca, waaaaaahhhh…. Luar biasa!. Bukan hanya mendapat pengetahuan baru, saya juga mendapat suntikan semangat baru!. Makanya, saya suka bergaul dengan mereka yang banyak tahu. Bukan berarti saya pilih-pilih teman.

Orang-orang yang suka membaca juga sering dikira punya sifat pendiam. Orang yang pendiam tidak ada hubungannya dengan kebiasaan suka membaca. Orang tersebut pendiam karena memang karakternya sejak lahir demikian, sudah dari sononya. Bukan karena dia suka membaca. Mungkin dia suka membaca sebagai bentuk pelampiasan karena kurang pergaulan. Tetapi, sekali lagi, bukan diakibatkan karena kebiasaan membaca. Saya banyak mengenal orang-orang yang hobi membaca namun aktif berbicara. Pembicaraannya pun berbobot, bukan omong kosong.

Pada akhirnya, seseorang yang banyak membaca, yang tentunya juga banyak tahu, adalah bagian dari solusi. Mereka adalah aset!. Orang yang tidak banyak membaca, tentunya tidak banyak tahu, tidak bisa diandalkan. Solusi dari sebuah permasalahan didapat melalui pengamatan, pemikiran, dan penggabungan berbagai ide secara terintegrasi. Salah satu sumber utama ide adalah melalui buku. Nah, kalau dia jarang membaca buku, bagaimana bisa dapat ide?. Kalau dia tidak dapat ide, bagaimana bisa mencari solusi?. Kalau dia tidak dapat mencari solusi, bagaimana dia bisa diandalkan?.

Melalui tulisan ini, saya ingin mengajak seluruh anak-anak muda untuk mulai memiliki kebiasaan membaca. Jika anda bukanlah tipe orang yang betah berlama-lama dengan buku, tidak apa-apa. Bangun kebiasaan tersebut pelan-pelan. Carilah topik yang anda sukai dan tentunya punya manfaat. Jika seluruh anak muda bisa menjadi bagian dari solusi, saya yakin anak muda tidak lagi tidak dipercaya…. Seperti yang sering didengungkan iklan rokok tersebut.

Iklan

Written by robert

Mei 14, 2008 pada 10:36 am

Ditulis dalam Character and Motivation

2 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Bener banget betz, kita mesti harus banyak baca. Baca itu penting.
    Aku sebenarnya adalah orang yang ga suka banyak baca, dan aku bener2 ngerasain kalo aku kurang bisa mencari solusi karena ga ada ide.
    Ide, ato bahasa kerennya hikmat, bisa muncul dengan cepat (salah satu caranya) kalo kita BANYAK baca.
    That’s why aku setuju banget kalo para anak muda Indonesia kudu suka membaca (termasuk aku).
    Inget kata-kata salah satu iklan TV yang berbunyi: “Orang yang banyak membaca adalah orang yang banyak tahu. Orang yang tidak suka membaca, tidak banyak tahu. Orang yang tidak banyak tahu, dekat dengan kemiskinan.” (If I’m not mistaken lho ya…..wekekeekekeke.

    Good job!

    licke

    Mei 31, 2008 at 12:12 pm

  2. To Licke: hahaha… aku inget banget, itu ucapannya Tantowi Yahya. Tadinya mau ngutip itu, tapi lupa runtutan kalimatnya. Thanx deh diingetin. hehehe

    Tul banget! ide emang bisa muncul lewat kebiasaan banyak membaca… karena ya kembali lagi, orang yang banyak membaca banyak tahu.

    robert

    Juni 2, 2008 at 1:49 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: