Robert’s-Idea

Expression and Inspiration

DIBALIK THE SECRET

with 5 comments

  

Siapa yang tidak tergiur jika seseorang datang dan ingin menunjukkan rahasia bagaimana memperoleh semua kebahagiaan hidup?. Itulah yang dilakukan Rhonda Byrne melalui buku karyanya berjudul The Secret. Buku tersebut memperoleh sambutan luar biasa hingga mampu terjual lebih dari 4 juta eksemplar dalam waktu kurang dari 6 bulan, dan menjadi buku terlaris versi New York times. Sang penulis juga telah membuat versi DVD dari The Secret yang mampu menembus angka penjualan lebih dari 2 juta dalam setahun.

 

Pesan yang disampaikan dalam buku ini sebenarnya bukan hal baru, yaitu Law of Attraction (Hukum Tarik Menarik), dimana apa yang kita pikirkan akan menjelma menjadi kenyataan. Apabila kita terus menerus memikirkan sesuatu yang kita inginkan, maka itulah yang akan kita terima, dan sebaliknya, jika kita terus menerus memikirkan sesuatu yang tidak kita inginkan, hal tersebut yang akan kita terima.  Bisa dibilang cara kerjanya mirip lampu jin Aladin. Banyak penulis dan para psikolog sudah membicarakan tentang topik tersebut. Namun karena Rhonda mengatakannya sebagai”sebuah rahasia yang telah tersimpan lama”, membuat daya magnetis buku tersebut makin kuat.

 

Namun, muncul beberapa kontroversi yang menyertai kesuksesan The Secret. Ada pihak yang mengatakan bahwa buku tersebut mencoba menggantikan posisi Tuhan sebagai pencipta. Ada juga pihak-pihak yang mengatakan bahwa buku tersebut terlalu menyederhanakan segala sesuatu. Dan ada juga yang berkomentar bahwa buku tersebut terlalu egosentris sebab hanya menilai segala sesuatu untuk kebahagiaan diri sendiri.

Bagi yang belum membaca buku tersebut mungkin tidak mengerti mengenai maksud tulisan saya di atas. Coba anda baca dan resap seluruh pesan dalam buku The Secret. Kemudian bantu saya untuk menjawab pertanyaan di bawah ini.

  1. “Apakah semua hal positif yang kita pikirkan pasti dapat kita terima?”. Jika demikian, bagaimana dengan para penderita AIDS? bisakah mereka disembuhkan dengan berpikir positif? Jika bisa, berarti kita telah menemukan obat untuk penyakit AIDS!. (Kalah dong ilmu kedokteran…) 
  2. “Apakah dengan tidak memikirkan hal-hal yang buruk berarti kita dapat terhindar dari hal-hal tersebut?”. Jika demikian, apakah menurut anda para korban Tsunami Aceh sebelumnya telah memikirkan Tsunami dulu sehingga Tsunami tersebut benar-benar datang meluluh-lantakkan Aceh?. (Serem banget…)
Iklan

Written by robert

April 13, 2008 pada 2:50 am

Ditulis dalam Perspektif

5 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Klo aku yah beettt, aku percaya dengan berpikiran positif semua hal dapat kiita terima, but the fact is…. kadang- kadang terlalu sulit bagi kita untuk mengontrol pikiran kita han ya untuk berpikiran positif!!
    Tau ga…? ada satu kasus sepeti ini:
    Obed n alim sama2 menjalani tes kesehatan. Alim divonis kena kanker paru- paru sedangkan Obed dinyatakan sehat2 aja. (Padahal sebenarnya hasil tes mereka tertukar). Setelah itu, hal yang mereka yakini benar- benar terjadi, Alim jadi kena kanker paru- paru dan Obed sehat2 aja. Itu kisah nyata lhoo…
    Aku jadi inget ada pernyataan spt ini “iman sebesar biji sesawi akan mampu memindahkan gunung”
    Mungkin ini yang jadi inti pembahasan dalam the secret.

    So, intinya adalah bagaimana kita bisa mengontrol pikiran kita, dan pada kenyataanya, kita lebih suka berpikiran negatif. Hasil riset membuktikan bahwa jika pelanggan puas, worth of mouth akan tersampaikan ke 2-5 orang, tapi kalo pelanggan ga puas, worth of maouth akan tersampaikan ke 13-27 orang!!

    Nah, terbukti kan… betapa kita lebih suka terhadap hal- hal negatif daripada positif.

    Jadi… up to you, Hidupmu adalah tentang apa yang menjadi fokus hidupmu. Dan fokusmu adalah tentang apa yang kamu pikirkan.

    Gaby

    Juni 20, 2008 at 6:27 am

  2. Thanx atas perspektifnya gab…

    Kamu benar. Aku setuju bahwa dengan berpikir positif, sikap hidup kitapun akan menjadi positif, dan kalau sikap hidup menjadi positif maka hidup akan menjadi lebih mudah, sekalipun cobaan hidup dan kondisi eksternal kita tidak bertambah baik atau mungkin malah makin buruk. Mengapa? karena kita memilih sudut pandang yang positif. Orang yang menjalani hidup seperti ini pasti akan menerima hasil yang lebih baik daripada orang yang dalam hidupnya memakai sudut pandang yang negatif ketika melihat sesuatu. Itulah mengapa Rhonda Byrne mengatakan bahwa dengan berpikir positif maka kita dapat menerima hasil yang positif pula

    Akan tetapi… menurutku Rhonda melangkah terlalu jauh ketika dia mengatakan kita dapat menerima APAPUN.. (sekali lagi… APAPUN) asal kita mampu memikirkannya. (Dalam hal ini tentu yang dimaksud adalah berbagai hal yang positif, bukan negatif).

    Mengapa demikian?

    Begini…

    Contoh-contoh dan kisah hidup yang diungkapkan dalam buku the Secret belum terlalu relevan. Dikatakan relevan apabila Rhonda sanggup membuktikan bahwa hukum berpikir positif tersebut dapat diterapkan DENGAN HASIL YANG NYATA, DALAM KONDISI APAPUN!. Misalnya, untuk penyembuhan penyakit Aids, atau penyakit-penyakit lain yang belum ada obatnya. Sementara ini Rhonda baru mengangkat kisah hidup beberapa orang.
    Nah, kisah hidup yang jumlahnya yang jumlahnya tidak banyak itu belum cukup mengeneralisasi sesuatu. Inilah alasan mengapa beberapa orang mengatakan bahwa buku The Secret terlalu menyederhanakan sesuatu.

    Lalu pertanyaannya, bagaimana dengan orang-orang yang sudah menerapkan hukum the secret, dan ternyata berhasil??. Menurutku, ada campur tangan Tuhan disana.

    Kesimpulannya, jika Tuhan sudah menutup pintu, tak ada yang dapat membukanya. jika Tuhan sudah membuka pintu, tak ada yang dapat menutupnya.

    Artinya, diatas semua usaha manusia untuk mendapatkan apa yang diinginkan, tetap ada restu Tuhan.

    Getoooo… hehehe

    Aku cuma khawatir aja kalau banyak orang yang terlanjur berharap banyak pada hukum the secret, tetapi dia tidak menerima hasilnya. Orang-orang ini nanti akan bergumul terus menerus dengan rasa bersalah dan trus mencari tahu apa yang salah dengan dirinya. Akhirnya dia kecewa dengan dirinya sendiri. Kasihan kan…

    Tapi aku setuju bahwa pikiran positif adalah faktor penentu keberhasilan seseorang!. Kebiasaan berpikir negatif (yang kamu katakan di atas) yang sudah mendarah daging harus di recode!!. Barulah kita akan menerima hasil yang berbeda.

    Good idea Gaby…

    robert

    Juni 20, 2008 at 8:32 am

  3. saya rasa berfikir posiitif merupakan kewajiban. Kehebatan pikiran seseorang mempunyai daya energi yang luar biasa. “Saya sudah membuktikannya”. Berfikir baik adalah hal yang tidak sulit. Sejak saya membaca buku the secret saya mempunyai motivasi dan langsung saya memanfaatkan apa yang terkandung dalam buku tersebut.Tapi tentunya dengan beberapa penyesuaian sesuai agama dan kehidupan ini. Karena tidak semua hal dapat dipikirkan dengan memikirkan yang baik-baik saya.Tapi dengan bantuan aura yang anda miliki anda akan terhindar dari pikiran buruk yang sedang anda pikirkan.Tentunya dengan syarat tertentu. maaf saya tidak bisa mengatakannya. Buku tersebut sangat ampuh bagi yang mengerti maksudnya.Buku tersebut hanya memanipulasi pikiran manusia dari sisi kehidupan. Jadi perlu buku yang berjudul l “The Secret” versi rohani atas agama atau atas tema alam bawah sadar atau alam akhirat dan alam dunia. Karena kalau tidak begitu banyak orang akan terjerumus dengan memikirkan dunianya saja. Bisa-bisa buku tersebut bisa menjadikan TUHAN yang ke-2. JANGAN DEH.PERLU PEMAHAMAN YANG LUAS ATAS BUKU TERSEBUT. AKHIRNYA BUKU TERSEBUT “SANGAT BAGUS”

    andik suwenda

    Juli 13, 2008 at 8:47 am

  4. To:Andik Suwenda.
    Salam kenal. Senang punya teman baru ^^
    Yup, The Secret memang buku yang bagus, sebatas orang yang membacanya tahu bagaimana menerapkannya SECARA BIJAK

    Thanx,

    robert

    Juli 13, 2008 at 11:01 am

  5. memang benar apa yang dituliskan dalam buku the secret bhwa apapun yg kita pikirkan akan menjadi kenyataan dlm hidup kita…
    aku banyak belajar dari buku ini.. buku ini memberi banyak inspirasi untuk ku yaitu harus yakin dan percaya apa yang kita lihat akan kita miliki..
    aku punya satu kejadian yang tak terlupakan yaitu:
    hanya dengan iman,, aku bisa masuk Sma favorit yang aku banggakan sejak SMP. itu semua karena aku percaya bahwa aku sudah menjadi murid sekolah tsb. padahal klo dilihat oleh kasat mata,, aku tidak mungkin untuk masuk sana. karena orang tuaku tidak mampu membiayai sekolah ku.. tapi aku berdoa dengan iman dan percaya bhwa aku sdh menerimanya..
    puji Tuhan akhirnya aku masuk dan semua kebutuhan yang aku perlukan disekolah ini bisa terpenuhi..
    mulai dari seragam,,buku pelajaran,,dan semuanya sdh terpenuhi dengan tepat pada waktunya..
    aku jg percaya bhwa nanti aku akn melanjutkan kuliahku di STAN… amiin…
    aku akan menerimanya dalam waktu 3 tahun yang akan datang.. itu pasti…
    thx untuk the secret,, aku bersyukur bisa membaca buku ini…

    Dyna Admiral Marbun

    Agustus 11, 2008 at 7:53 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: